Wednesday, June 29, 2016

Kali ini kita akan membahas tentang Unsur-unsur Yang Terdapat Pada Drama. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Unsur-unsur Yang Terdapat Pada Drama

Hai !!! Sebelum kita membahas materi tentang "Unsur-unsur Yang Terdapat Pada Drama" Saya mau tanya dulu apakah kalian pernah mendengar tentang drama? belajar tentang drama? atau bahkan pernah melakukan pementasan drama ? Jika belum saya akan menjelaskan sedikit tentang drama. Secara umum drama adalah suatu karya sastra yang ditulis dalam bentuk dialog dengan maksud dipertunjukkan oleh beberapa orang. Drama juga dikenal juga dengan istilah teater. Baiklah langsung saja berikut unsur-unsur yang terdapat pada drama :


1. TEMA
Dalam pementasan drama tema mungkin hal yang tidak penting bagi orang awam. Tapi bagi beberapa orang itu mungkin hal yang paling penting dan yang pertama kali yang dipikirkan jika ingin membuat pementasan drama. Tema dalam sebuah pementasan drama hendaknya menarik agar dapat memikat khalayak umum. Tema pementasan drama hendaknya juga aktual mengikuti pekembangan zaman.

2. Akting Para Pemain
Hal yang paling menyedot perhatian dalam pementasan drama biasanya akting yang dilakukan para pemain. Akting pemain drama hendaknya senatural mungkin. Hal ini bisa dikuasai oleh pemain apabila ia telah berlatih secara terus menerus. Akting pemain drama juga harus dapat meyakinkan penonton dapat larut dalam kisah yang dibawakan oleh para pemain. Tidak jarang pula para pemain berinteraksi dengan penonton dengan tujuan agar penonton tidak cepat bosan.



3. Kekompakan / Kerja Sama Tim
Sebuah pementasan drama tidak mungkin berjalan sempurna tanpa adanya kerja sama tim. Dalam hal ini kerja sama tim ini tidak hanya kerja sama antar pemain yang berada di atas panggung, akan tetapi juga kerja sama dengan yang berada di belakang panggung.

4. Perlengkapan Panggung dan Atribut Para Pemain
Perlengkapan panggung dan atribut pemain sangatlah mendukung bagus tidaknya sebuah drama. Jika perlengkapan panggung dan atribut para pemain bagus dan sesuai dengan jalan cerita, pastilah membuat daya tarik tersendiri bagi penonton sehingga penonton seperti ditarik ke dalam cerita tersebut. Pastilah kita tak mungkin membayangkan jika cerita tentang alien baju para pemainnya seperti orang zaman batu, kan tidak masuk akal.

Sekian yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat dan dukung terus blog ini ya, Thanks yang udah mampir :) semoga diberi rahmat oleh Allah amin......



No comments:

Post a Comment