Tuesday, June 21, 2016

Kali ini kita akan membahas tentang Kecewa karena Meninggalkan Shalat Berjamaah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Kecewa karena Meninggalkan Shalat Berjamaah

Ubaidillah al Qawariri (guru dari Imam Bukhari dan Muslim) dikenal sebagai seorang lelaki yang alim dan taat beribadah. Suatu hari ia kedatangan seorang tamu. Ia sibuk melayani tamunya hingga tidak sempat melaksanakan Shalat Isya berjamaah. Setelah tamunya pulang, beliau berkeliling ke mesjid mesjid di Kota Basrah untuk menemukan orang yang dapat diajak Shalat Isya berjamaah. Tetapi semua orang yang beliau temui sudah melaksanakannya. Akhirnya pun beliau menyerah dan pulang kerumah untuk melaksanakan Shalat Isya 27 kali agar pahalanya sama dengan shalat berjamaah.



Setelah beliau melaksanakan sholat tersebut beliau pun tertidur. Dalam tidurnya beliau bermimpi seolah olah ia bersama sama dengan orang yang sedang menunggang kuda dan berlomba. Namun beliau tak dapat menyusul yang lain. Salah seorang penunggang kuda berkata pada Ubaidillah, "Jangan paksakan kudamu karena kamu tidak akan menuyusul kamu!" Ubaidillah pun bertanya, "Kenapa saya tidak bisa menyusul kalian?" Penunggang kuda pun menjawab "Karena kami melaksanakan Shalat Isya berjamaah sedangkan kamu sendirian."

Ubaidillah pun terbangun dari mimpinya. Ia merasa sedih dan juga kecewa karena tidak melaksanakan Shalat Isya berjamaah.


Hikmah yang bisa diambil :
Shalat berjamaah memiliki pahala berlipat ganda daripada shalat sendiri. Pahala orang shalat berjamaah tidak akan tergantikan oleh pahala sholat sendiri meskipun berulang ulang



No comments:

Post a Comment